5 Alasan Mengapa realme Narzo 20 Series Jadi Smartphone Wajib Untuk Kaum Muda

29 komentar

realme Narzo 20 Series
Poster resmi 11.11 Salebration realme Narzo 20 Series

Seolah membawa angin segar bagi gadget-freak di Indonesia, realme langsung memboyong dua produk smartphone unggulan mereka dari keluarga besar realme Narzo 20 Series pada bulan November 2020 ini.

Adalah realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro yang dibawa oleh pabrikan ponsel asal Tiongkok itu dan tanpa diduga langsung membuat saya terpikat. Kenapa begitu? Karena realme mengklaim kalau dua produk ini adalah smartphone gaming yang ramah kantong.

Saya bukan tidak percaya dengan realme, tidak.

Sebagai anak perusahaan BBK Electronics, realme sudah pasti menghasilkan ponsel dengan kualitas yang menjanjikan lewat harga terjangkau. Namun tetap, menggabungkan smartphone gaming dengan kalimat ramah kantong, itu seperti sulit terwujud.

Namun pemikiran saya terpatahkan saat mengintip chipset dua produk realme Narzo 20 Series yang sama-sama mengusung lini Helio G dari MediaTek. Sekadar informasi, lini Helio G memang mampu memberikan pengalaman gaming tidak mengecewakan. 

Secara lugas, realme menegaskan bahwa Narzo 20 dan Narzo 20 Pro adalah solusi bagi anak-anak muda yang budget pas-pasan tapi ingin smartphone gaming istimewa.

Baca juga: Cerita Si Gembul, Kucing Sembuh Dari Virus Panleukopenia

Spesifikasi realme Narzo 20 Series

Spesifikasi
realme Narzo 20 realme Narzo 20 Pro
Sistem Operasi Android 10.0, Realme UI Android 10.0, Realme UI
SIM Nano-SIM dual stand-by Nano-SIM dual stand-by
Layar IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 720 x 1600 piksel IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
Chipset MediaTek Helio G85 (12nm) Mediatek Helio G95 (12 nm)
CPU Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55) Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G52 MC2 Mali-G76 MC4
Internal/RAM 64GB/4GB dan 128GB/4GB 64GB/6GB dan 128GB/8GB
Kamera Utama 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro) 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
Kamera Selfie 8MP (wide) 16MP (wide)
Jaringan GSM/HSPA/LTE GSM/HSPA/LTE
Kapasitas Baterai Baterai tanam 6000 mAh dengan fast charging 18W Baterai tanam 4500 mAh dengan fast charging 65W
Harga Rp2.199.000 Rp3.399.000

Lewat spesifikasi di atas, tentu ada perbedaan yang cukup menonjol dari realme Narzo 20 dan realme Narzo 20 Pro terutama dari segi harga. Perbedaan harga itu sendiri memang disebabkan karena kedua ponsel ini mempunyai kekurangan dan keunggulan masing-masing.

Namun lepas dari itu, tak ada yang bisa membantah betapa realme Narzo 20 Series adalah smartphone wajib generasi muda kekinian yang butuh device yahud tanpa banyak 'mulut'.

Tak percaya? Saya akan menjelaskan sederet alasannya untuk kamu.

5 Alasan Anak Muda Wajib Beli realme Narzo 20 Series

realme Narzo 20 - realme Narzo 20 Pro
realme Narzo 20 - realme Narzo 20 Pro

Resmi dikenalkan kepada publik Indonesia pada 5 November 2020 pekan lalu, Narzo 20 dan Narzo 20 Pro memang hadir khusus untuk kalangan gamers.

Felix Christian selaku product Manager realme Indonesia memaparkan, "Pengalaman gaming pada ponsel ini lebih bertenaga, lebih kencang dan efisien. Dengan performa terbaik dan suhu stabil karena memang memakai sistem pendingin carbon fiber yang 8,6% lebih efektif daripada sistem pendingin tradisional," seperti dilansir Selular.

Agar kamu makin yakin, berikut adalah lima alasan utama kenapa anak muda wajib beli realme Narzo 20 Series ini:

1. Harga Anti Kantong Bolong

Inilah alasan utama yang membuat realme Narzo 20 dan realme Narzo 20 Pro menjadi ponsel favoritnya anak muda. Seperti yang sudah saya bilang, cukup mustahil menemukan smartphone gaming dengan harga terjangkau tapi kualitas paripurna. Namun lewat ponsel ini, segalanya menjadi mungkin. 

Kamu tinggal perlu menyediakan Rp2,199 juta untuk Narzo 20 dan Rp3,399 juta untuk Narzo 20 Pro. Bahkan khusus dalam event 11.11 Salebration, kamu bisa memperoleh harga spesial Rp1,999 juta untuk Narzo 20 dan Rp3,199 juta untuk Narzo 20 Pro di situs resmi realme dan dua marketplace raksasa yakni Lazada dan Shopee.

2. Performa Gaming Anti Kecewa

Dan inilah alasan berikutnya yang makin memperkuat kedua Narzo ini sebagai smartphone gaming favoritnya anak muda. Yap, meskipun harga jualnya cukup terjangkau (tidak sampai Rp4 juta), realme tidak main-main dalam memilih komponen dapur pacu karena mempercayakan chipset keduanya pada MediaTek.

Untuk Narzo 20, chipset yang dipilih adalah Helio G85. Memakai dua inti Cortex-A75 yang berjalan pada 2.0GHz serta enam inti Cortex A-55 yang berjalan pada 1.8GHz, konfigurasi CPU Helio G85 jelas tak bisa diremehkan.

Bahkan untuk pemrosesan grafis, terdapat peningkatan yang disematkan pada GPU Mali-G52 menjadi 1GHz (sebelumnya 950MHz).Untuk teknologi game, Helio G85 sudah memakai MediaTek HyperEngine yang memang dibekali segudang fitur optimalisasi kinerja. Kamu bisa bermain lancar dalam sederet game-game berat dengan permainan intens, lantaran chipset mengelola seluruh data CPU, GPU dan RAM secara lebih dinamis.

harga 11.11 Salebration
harga 11.11 Salebration

Berpindah ke realme Narzo 20 Pro, dengan harga yang dibanderol lebih mahal, sudah pasti otak yang dipakai makin cerdas yakni Helio G95.  Mengedepankan teknologi game MediaTek HyperEngine, Helio G95 mampu mendukung kebutuhan multi-kamera, konektivitas tanpa tanding dan AI Super Resolution untuk streaming video. Tak heran kalau chipset ini memang diperuntukkan bagi ponsel-ponsel gaming 4G premium, termasuk Narzo 20 Pro.

Memadukan sepasang CPU Arm Cortex-A75 yang mampu mencapai 2.05GHz dan enam CPU Cortex-A55, membuat Helio G95 bisa berjalan kencang tapi daya yang dibutuhkan cukup efisien. Gaming di Narzo 20 Pro bakal terasa makin puas karena engine jaringan sudah meningkat sehingga ponsel dapat merespon lebih cepat dan menampilkan kualitas grafis makin tajam lewat GPU yang diklaim ARM sebagai kategori laptop-class.

Tak perlu cemas saat gaming di jaringan WiFi yang mendadak lemah, karena Helio G95 secara cerdas bisa menggenjot konkurensi jaringan WiFi dan LTE (4G) agar koneksi saat gaming bakal anti lag.

3. Layar Memuaskan

Ingin gaming di ponsel dengan layar yang lega, kedua seri Narzo 20 ini adalah jawabannya. Karena realme sama-sama memberikan layar berdimensi 6.5" kepada kedua ponsel ini. Sudah berpanel IPS LCD, yang membedakan hanyalah pada segi resolusi dimana realme Narzo 20 memiliki 720 x 1600 piksel dan realme Narzo 20 Pro mencapai 1080 x 2400 piksel.

Dengan resolusi lebih tinggi, Narzo 20 Pro telah mencapai tampilan FHD+ serta refresh rate 90Hz. Kemampuan ini sendiri tidak bisa ditemukan pada Narzo 20.

4. Kamera Yahud Untuk Konten

Ponsel gaming biasanya tak punya kamera mumpuni? Eits, jangan salah! realme justru memberikan empat lensa kamera di bodi belakang Narzo 20 Pro dan tiga lensa kamera utama untuk Narzo 20. Yang istimewa, lensa kamera utama kedua produk ini sama-sama mencapai 48MP.

Lantaran Narzo 20 kehilangan lensa 2MP (depth), kemampuan perekaman video Narzo 20 Pro lebih baik yakni mencapai 4K@30fps dan sudah dilengkapi fitur gyro-EIS (Electronic Image Stabilization). Sehingga perekaman dan pemotretan Narzo 20 Pro lebih stabil.

Berpindah ke kamera selfie, realme membenamkan lensa 16MP pada Narzo 20 Pro dan 8 MP untuk Narzo 20. Kendati berbeda, keduanya sama-sama bisa merekam video 1080p@30 fps. Khusus pada realme Narzo 20 Pro, perekaman kamera selfie bisa juga mencapai 1080p@120fps.

Namun secara pasti, kedua produk realme Narzo 20 Series ini bisa jadi perangkat memotret, merekam video hingga bikin konten media sosial yang menarik. Terutama jika Anda ingin rehat sejenak dari gaming dan ingin memuaskan hasrat fotografi baik indoor atau outdoor, dalam kondisi low light sekalipun.

5. Baterai Mantap dengan Charging Kilat

spesifikasi realme Narzo 20 Series
spesifikasi realme Narzo 20 Series

Ah,  tidak ada gunanya smartphone gaming yang punya chipset mumpuni di harga terjangkau, tapi kemampuan baterai mengecewakan.

Termasuk yang berpikir demikian?

Kamu justru tak akan kecewa lewat realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro. Kenapa?

Karena realme memilih baterai dengan kapasitas besar dan kemampuan pengisian daya cepat. Bahkan untuk Narzo 20, kapasitas baterainya begitu jumbo hingga 6000mAh. Sementara pada Narzo 20 Pro, realme membenamkan baterai tanam dengan kapasitas 4500mAh.

Meski kapasitas lebih kecil, Narzo 20 Pro dilengkapi teknologi pengisian daya cepat 65W dan SuperDart Charge, yang membuat kamu bisa mengisi daya dari 1% ke 100% dalam kondisi menyala dengan waktu 37 menit saja.

Sementara untuk Narzo 20, realme memberikan teknologi pengisian daya reverse charging sehingga ponsel ini bisa berfungsi sebagai power bank mendadak lantaran dapat mengisi daya perangkat lain. Apalagi dengan kapasitas baterai 6000mAh, tentu sangat mumpuni sebagai pengisi daya darurat.

Wah, keduanya sangat istimewa bukan? Sedang gaming lalu baterai habis dan harus pindah lokasi? Kamu hanya butuh waktu singkat saja dengan Narzo 20 Pro. Atau ponsel teman mendadak butuh charging tapi tidak ada sumber listrik? Sodorkan saja realme Narzo 20.

Baca juga: Berkunjung ke Istana Pagaruyung, Replika Sejarah Abadi Suku Minangkabau

Rilis Perangkat AIoT, realme Ajak Pengguna Untuk Leap to Next Gen!

Tak perlu dijelaskan lebih jauh lagi, kamu pasti setuju dengan saya bahwa lewat lima alasan di atas, realme Narzo 20 Series memang sangat patut menjadi favoritnya anak muda.

Namun realme tidak berhenti di situ saja. Berambisi untuk menjadi Tech Trendsetter, realme Indonesia ikut memboyong sejumlah perangkat AIoT (Artificial Intelligence of Things). Hal ini sesuai dengan visi realme sebagai AIoT Popularizer.

Dalam mewujudkan keinginan sebagai Tech Trendsetter, berikut beberapa perangkat AIoT dari realme yang bisa kamu pertimbangkan:

1. realme Buds Air Pro

realme Buds Air Pro

TWS (True Wireless Stereo) paling canggih di kelasnya ini menghadirkan dua fitur premium yakni ANC (Active Noise Cancellation) dan Transparency Mode, meskipun harga perangkatnya cuma Rp1 jutaan. Khusus di event 11.11 Salebration, kamu bisa memperoleh perangkat ini seharga Rp999 ribu saja dan sudah mendapat fitur sekelas TWS seharga Rp3 jutaan.

2. realme Watch S

realme Watch S

Smartwatch dengan tiga fitur utama bagi kesehatan ini sangat cocok dimiliki di era pandemi Covid-19. Dimana perangkat ini bisa memonitor detak jantung secara realtime, mengecek kadar oksigen dalam darah (SpO2) dan 16 mode olahraga. Sudah tahan air dan debu, realme Watch S juga bisa mengontrol smartphone realme. Dibanderol dengan harga Rp1,299 juta, kamu bisa mendapatkan smartwatch ini dengan harga spesial Rp999 ribu selama event 11.11 Salebration.

3. realme Smart Cam 360⁰ 

realme Smart Cam 360⁰

Tak hanya punya cakupan panorama hingga sudut 360⁰, perangkat dengan resolusi 1080p FHD ini bisa merekam video WDR sehingga kamu bisa melihat lebih banyak detail. Keberadaan fitur Full Color in Low Light membuat warna video tetap bertahan meskipun cahaya redup, sehingga kamu masih bisa memantau kondisi keamanan di dalam rumah saat bepergian. Dijual dengan harga resmi Rp699 ribu, event 11.11 Salebration membuat harganya anjlok jadi Rp499 ribu.

4. realme M1 Sonic Electric Brush 

realme M1 Sonic Electric Brush

Perangkat AIoT terakhir yang siap membawa pengguna untuk Leap to Next Gen adalah realme M1 Sonic Electric Brush. Didukung mesin sonic yang canggih, perangkat ini lebih dari sekadar sikat gigi. Menghasilkan 34 ribu getaran per menit, M1 Sonic Electric Brush bisa membersihkan gigi ke area yang sulit dicapai.

Keberadaan empat mode pemersih yakni Soft Mode (gigi sensitif), Clean Mode (penggunaan harian), White Mode (gigi bersih maksimal) dan Polish Mode (gigi berkilau) membuat pengalaman sikat gigi jadi naik level. Tertarik beli? Dapatkan penawaran spesial Rp399 ribu dari harga normal Rp599 ribu untuk M1 Sonic Electric Brush di event 11.11 Salebration. 

Bagaimana? Terbukti bukan kalau realme adalah sang Tech Trendsetter sekaligus favoritnya anak muda?

Untuk itulah bagi kamu yang kini sedang mencari smartphone baru, mempertimbangkan realme Narzo 20 dan Narzo 20 Pro adalah solusi terbaik.

Dengan harga spesial dalam gelaran 11.11 Salebration, kamu bisa memperoleh dua produk realme Narzo 20 Series di situs resmi realme, Lazada atau Shopee yang lebih murah. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa membawa pulang berbagai perangkat AIoT agar siap untuk Leap to Next Gen sekarang juga. Selamat berbelanja!

Arai Amelya
I'm a driver, never passenger in life

Related Posts

29 komentar

  1. Harganya maaaak, bisa bikin galau yg mau beli hp gaming ini. Jadi inget beberapa waktu lalu lagi booming juga hp gamers produsen sebelah. Hihihi. Real Me ini ya ampuuun harganya, cuma Rp2,199 juta untuk Narzo 20 dan Rp3,399 juta untuk Narzo 20 Pro. Kenyaaang punya HP ini.

    BalasHapus
  2. wow.. kebetulan nih Hp samsul ku rusak, boleh deh minta ganti sama ini, hihi.. spek Narzo 20 sama yang pro cuma beda tipis, mending yg pro dong yaa :D

    BalasHapus
  3. realme ini sama kaya redmi,xiaomi? apa beda lagi ya kak arai? aku mau beli sikat giginya kmrn deh tapi blm nemu reviewnya nih..aku kepengen bgt jamnya juga..pengen ikut lombanya tp pgn juara 3 eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda perusahaan kak. Kalau Redmi kan salah satu seri produk dari brand Xiaomi. Kalau realme ini awalnya adalah bagian dari OPPO, terus akhirnya berdiri jadi brand dan perusahaan sendiri yakni realme.

      Iyaa, sikat giginya keren mkwkw. Nggak perlu capek2 muter, doi muter sendiri hahaha. Boleh-boleh masih ada waktu sampe tengah malam kak untuk ikutan

      Hapus
  4. Jam tangannya realme bikin mupenh nih. Harganya sangat terjangkau ya dengan spec seperti itu. Beliin donk kak satu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kak, besok aku beliin ya pake duit monopoli 🤣🤣🤣

      Hapus
  5. meskipun bukan seorang gamer, tapi aku pingin beli hp baru. hihi

    BalasHapus
  6. keren yaa realme narzo, selain sebagai gaming phone, ada teknologi reverse chargingnya segala. Hp yang serba guna kaya begini yang banyak dicari di pasaran.

    Soal aksesorisnya sendiri lucu lucu, nggak kebayang itu sikat gigi elektrik. Saya sebagai pengguna sikat gigi elektrik yang tidak ada hubungan sama hp, jadi kepo gimana app yang terhubung sama si sikat gigi ini.

    BalasHapus
  7. Aku pengguna Realme dan udah jatuh hati sama brand ini. Cuma mau beli yang Narzo masih maju mundur karena belinya harus online. Huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berangkat sudah kk Alif, beli realme. Siapa tahu aku bisa dapet honest review, soalnya emang si Narzo ini asli cakep

      Hapus
  8. Aku gajadi beli pocophone doong setelah baca review ini. Serius. Wkkwkww
    Coba yah dulu udah ada realme bakal ngegame terus kita, lanjut haha.
    Good luck kak arai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak. Ponsel2 gaming kenapa nggak muncul 10 taun lalu sih ya, sekarang aku sudah termakan usia kalau mau balik ke Prontera haha

      Hapus
  9. Keren ya realme narzo pro, tertarik karena spek nya yg cocok banget untuk bikin video konten. Dan harganya terjangkau. Rekomended deh !

    BalasHapus
  10. ini yang mau beli bakal dibikin galau sama spek baterainya, meski bukan yg pro eh batrenya sampe 6000 Hz yaa.

    btw, aku malah gagal fokus sama sikat giginya. bikin mupeng aja Mbak, ya ampun bisa banget ya memahami konsumen, bisa buat gigi sensitif juga ternyata. hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya kk Ghin, seru kali ya sikatan eh muter sendiri sampe ribuan kali. Potongan cabe yang keselip bisa langsung minder tuh. Buruan beli kk, mumpung Harbolnas.

      Hapus
  11. Sukses ya kak untuk lombanya. Real me keren juga spek hapenya. Sepupu ada yg punya.

    BalasHapus
  12. Realme watch aku naksir liatnya. Sekarang ngegaming jadi tambah asik nih

    BalasHapus
  13. Pas banget nih aku lagi cari review hp, karna mau ganti hp tapi masih bingung mau hp apa hehe ini bisa jadi bahan pertimbangan nih makasih kak infonya

    BalasHapus
  14. tau bakal ada realme baru aku undur beli real me C11 kemarin. hahahaha. aku beli yang C11 katanya bagus buat gamers. aku sih yakin kalo buat gamers bagus buat blogger apalagi. daaan ternyata emang aku puas sih sama real me ini. masa sih aku harus ganti lagi? tunggu menang lomba blog lagi deh, hihihihi

    BalasHapus
  15. Wah itu harganya terjangkau. Speknya mantap juga buat content creator. Recommended juga ya...

    BalasHapus
  16. Buat ponakanku nih yang lagi cari HP gaming. Adekku lagi pusing nyarinya haa. Pas baca artikelnya kakak. Ciamik bangetlah HP Realme, baterenya juga tahan lama dan harganya mantap, sangat terjangkau. Watchnya juga keren ya, aah auto jadi pengen juga

    BalasHapus
  17. Murah lho harganya untuk ukuran hp gaming. Saya suka desainnya, dalemannya juga. Layarnya besar ya, 6. inch dengan kemampuan grafis yang lumayan tinggi pula. Jadi makin menyenangkan andai bisa memilikinya

    BalasHapus
  18. Realmi mah tau banget ya ukuran kantong kebanyakan orang Indonesia. Hehehe
    Kalo hape gaming biasanya bisa sampe belasan. Tapi realmi hanya 2-3 jutaan aja.
    Senangnya kalo anak kepengen jadi atlet e sport didukung hp gaming..

    BalasHapus
  19. Pokoknya realme ini semakin keceh yaa Makkk, selalu buat terobosan baru untuk smart teknonya. Aku mupeng yang realme narzo 20 - nya.

    BalasHapus
  20. Sangat bagus memang untuk pelajar dan mahasiswa seperti saya punya smartphone yg gakalah jauh dengan merk ternama, produk realme selalu memanjakan para pengguna nya dengan memberikan fitur fitur menarik mengikuti zaman dan harganya yg terjangkau

    BalasHapus
  21. Banyak banget poin bagus dari produk ini. Saya juga suka dan memang membuat beberapa hal yang menjadi alasan mengapa harus beli HP ini

    BalasHapus
  22. Bagus ya spek Realme ini buat gaming oke punya..warna casingnya jg bagus keren deh ..

    BalasHapus
  23. Realme narzo ini kalau lihat speknya memang menggiurkan yaa mb. Aku penasaran sekarang canggih-canggih banget yaa handphone. Teknologi berkembang pesat banget, termasuk debut si Realme ini.

    BalasHapus
  24. Lihat ini kok rasanya pengen ganti hape hahaha. Keren dah realme narzo ini 🤩

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email