https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Nostalgia Profesi Impian di Masa Kecil Lewat Culinary School

Selasa, 31 Oktober 2023
foto burger fast food
foto: Engin Akyurt/UNSPLASH
“Aku pengen banget kerja di restoran fast food. Pakai seragam yang rapi, ketemu banyak orang tiap hari dan pastinya lihat makanan terus,”

Ya, kalimat itu bahkan selalu seringkali aku ucapkan kepada siapapun yang aku kenal.

Mau orangtua, kakak, adik, sahabat atau mungkin orang yang aku anggap cukup istimewa dan dekat. Karena memang ketika banyak orang ingin menjadi seorang dokter atau guru, bekerja di restoran cepat saji bagiku yang masih duduk di bangku SD kala itu, justru tampak keren.

Dalam pandanganku yang masih bocah, kakak-kakak pekerja restoran fast food itu begitu cekatan dalam bekerja. Mereka sangat ramah membantu kita memilih makanan, cepat dan rapi mempersiapkan orderan hingga tak berbuat kesalahan dalam hal pembayaran di depan mesin kasir. Belum lagi seragam yang beraneka warna dan wajah yang selalu ceria, membuatku selalu berpikir kalau para pekerja restoran fast food adalah orang-orang yang berbahagia.

Hanya saja ketika aku semakin dewasa, profesi yang pernah begitu aku sukai itu mendadak semakin jauh.

Memasuki sekolah menengah dan kemudian terjun ke masyarakat sebagai perempuan dewasa, mimpi bisa bekerja di gerai fast food akhirnya hanya menjadi mimpi belaka.

Namun kini, setidaknya aku bisa mewujudkannya dengan berbagai permainan online di website Culinary School.

Burger, Sandwich, Sampai Krabby Patty, Semua Ada di Culinary School

Bicara soal restoran cepat saji di Indonesia, tentu pilihannya amat sangat beragam. Tak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta atau ibukota provinsi lainnya, gerai waralaba fast food bahkan bisa kalian temukan dengan mudah di sekitar lokasi tempat tinggal wilayah kabupaten sepertiku.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Katadata pada pertengahan tahun 2022 silam, lima besar brand fast food terpopuler di Indonesia adalah KFC, MC Donald’s. Hoka-Hoka Bento, A&W dan Richeese Factory. Tak heran kalau akhirnya dalam laporan tahunan perusahaan, jumlah gerai KFC di 34 provinsi seluruh Indonesia hingga Juni 2023 mencapai 754 gerai.

Semakin menjamurnya brand-brand fast food di Indonesia tak lepas dari gaya hidup yang menuntut seseorang untuk memperoleh makanan yang mudah dengan harga terjangkau. Tak heran kalau permintaan akan karyawan selalu meningkat. Hanya saja jika ditanyakan padaku, apakah saat aku masih tertarik menjadi pekerja fast food? Jawabanku adalah tidak.

Apa alasannya? 

Karena kebutuhan kerjaku saat ini memaksaku untuk lebih sering berada di luar ruangan dan tidak terlalu terikat jam kerja. Sehingga kurasa aku memang sudah tak bisa lagi bekerja di gerai fast food yang mengharuskan patuh pada aturan kantor bekerja sesuai shift hingga tak libur di hari-hari besar nasional.

Hanya saja itu bukan artinya aku tak bisa mencoba bagaimana sih rasanya sibuk sebagai pegawai fast food? Karena melalui sejumlah permainan yang ditawarkan oleh Culinary School, aku bisa mengetahui seperti apa kesibukan pegawai restoran burger, hot dog, sandwich atau pizza. Sekalipun ini merupakan game online yang ditujukan untuk pengguna anak-anak, di beberapa permainan justru menekankan pada ketepatan dan kecepatan yang tentunya sangat menantang orang dewasa sepertiku.

Setidaknya, beberapa games berikut ini bahkan membuatku candu:
Tampilan game Pizza Party
Sesuai dengan namanya, ini adalah salah satu game kuliner yang mengajak kita sebagai penjual pizza. Kita harus membuat pizza yang bahan topping sesuai permintaan pembeli seperti saos tomat, keju mozarella, daging ham, jamur, pepperoni dan daun kemangi. Kalian hanya perlu memilih topping sesuai urutan yang diinginkan pembeli lalu tekan satu tombol panggang, sedetik kemudian otomatis disajikan.
Tampilan game Lunch Shop
Seperti yang kubilang sebelumnya, beberapa game di Culinary Schools ini cukup menantang bagi orang dewasa. Salah satunya adalah Lunch Shop. Meskipun pada dasarnya tinggal menyesuaikan urutan bahan sesuai permintaan pembeli, apa yang membuatnya sedikit rumit adalah batas waktu setiap penyajian sangatlah singkat. Sehingga kalian harus benar-benar memahami permintaan dan langsung memilih bahan, lalu tekan tombol centang (V), pesanan kalian sudah tersedia!
Tampilan game SpongeBob SquarePants
Setiap dari kita entah tua atau muda tentu pernah menonton serial animasi SpongeBob SquarePants dan tahu jika si sponge kuning itu bekerja sebagai koki di restoran cepat saji milih Tuan Krab, Krabby Patty. Nah, game ini sedikit banyak mencoba membuat kita merasakan apa yang tengah dialami oleh SpongeBob sehari-hari. Lengkap dengan para pembeli adalah karakter yang muncul di serial SpongeBob SquarePants.

Dengan tampilan game yang sangat ringan dan mudah dipahami, kurasa aku akan tenggelam cukup lama dalam berbagai permainan yang ditawarkan oleh Culinary School.

Culinary School, Lebih dari Sekadar Website Game Kuliner!

Kalau menurut kalian website Culinary School hanya menyediakan berbagai game kuliner yang bisa membuat kita merasakan sesibuk apa sebagai pegawai fast food, maka itu salah besar. Website ini, sesuai dengan namanya, menyediakan berbagai informasi mengenai sekolah-sekolah kuliner yang bisa jadi pertimbangan anak-anak muda untuk menapaki karirnya sebagai koki.

Yang menarik, buat kalian yang bermukim di Amerika Serikat, setiap informasi sekolah kuliner yang ada bisa dipilih sesuai dengan negara bagian kalian berada. Tak hanya itu saja, kalian juga bisa memanfaatkan fitur kalkulator School Finder untuk mencari program sekolah kuliner sesuai dengan pendidikan terakhir dan kode pos tempat tinggal. Sehingga, kalian bisa lebih mudah menapaki jalan sebagai calon chef profesional.

Bahkan untuk kalian yang memiliki anak-anak kecil, website Culinary School juga memiliki beberapa jenis permainan yang mengenalkan pada edukasi daur ulang sampah makanan lewat Twin the Bin. Melalui Twin the Bin, anak-anak akan diajarkan untuk menangkap sampah-sampah sesuai perintah entah sampah kaca, kertas hingga plastik lewat karakter yang berlari membawa tong sampah.
Tampilan game Twin the Bin
Meskipun terdengar gameplay-nya sangat sederhana, rasa-rasanya ini merupakan pembelajaran cinta lingkungan yang baik untuk generasi muda.

Jadi bagaimana? Masih juga pikir-pikir untuk bergabung dalam ratusan game yang disediakan Culinary School? Apapun itu, kalau ingat soal kuliner, sudah pasti ingat pada Culinary School!

Author

Arai Amelya

I'm a driver, never passenger in life