https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

6 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Pekan di Ancol, Kamu Wajib Datang!

Jumat, 12 Januari 2024
Pantai Ancol
foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA
Dari banyaknya kota yang sudah pernah aku datangi, Jakarta mungkin bisa dibilang cukup membosankan untuk pilihan wisata alamnya. Bahkan kalau di Jakarta, aku memilih untuk walking around aja di kawasan perkotaan saja. Padahal sebetulnya, ibukota kita ini nggak parah-parah amat untuk urusan wisata alam. Salah satunya yang bisa kalian coba kunjungi adalah Ancol.

Aku pertama kali berkunjung ke Ancol adalah ketika masih SD dulu tepatnya di Dufan, entah berapa belas tahun silam. Kemudian saat menonton konser K-Pop di MEIS (Mata Elang International Stadium). Mungkin aku tidak pernah menyadari jika menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga atau orang tercinta di Ancol, bisa jadi pertimbangan tersendiri lho. Ancol sendiri merupakan sebuah kawasan wisata yang bukan hanya menyuguhkan keindahan alam saja tapi juga beragam wahana menyenangkan.

Dan menariknya lagi, wisatawan yang datang ke Ancol berasal dari luar daerah hingga luar negeri yang ingin merasakan permainan-permainan yang ditawarkan. Yap, Ancol lebih dari sekadar pantai dan laut. Penasaran dengan tempat wisata Jakarta Utara yang satu ini? Mungkin kalaian harus mulai mengagendakan untuk datang ke sana.

6 Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Pekan di Ancol


Sebagai kota tanpa koma, Jakarta memang dijejali oleh banyak orang dari penjuru dunia. Karena penuh dengan kehidupan, tempat wisata jelas jadi kebutuhan untuk sekadar healing akhir pekan. Kalau kalian nggak mau ribet, Ancol bisa jadi pilihan karena di kawasan itu ada banyak sekali arena permainan dan wisata. Berikut beberapa yang bisa kalian pilih dan coba datangi:

1. Pantai Ancol


Pantai Ancol adalah sebuah destinasi wisata pantai terpopuler di Jakarta Utara. Tak banyak yang tahu kalau Pantai Ancol memiliki garis pantai yang panjang sehingga kalian bisa menikmati suasana pantai, bermain pasir, atau berbagai aktivitas air seperti berenang.

Selain kegiatan rekreasi, Pantai Ancol juga memiliki fasilitas akomodasi, restoran, dan tempat belanja, menjadikannya sebagai destinasi liburan yang lengkap. Saat ini tiket masuk Ancol sendiri adalah Rp30.000 untuk mobil, Rp20.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp45.000 untuk kendaraan bus.
 

2. SeaWorld Ancol


Seaworld Ancol menjadi bagian dari kawasan wisata Ancol yang menampilkan berbagai atraksi serta pertunjukan yang berhubungan dengan kehidupan laut. SeaWorld Ancol lebih menonjolkan sisi edukasi dan konservasi terhadap keanekaragaman hayati laut. Kalau kalian ingin berwisata tapi juga memperoleh ilmu soal lingkungan, SeaWorld jelas jadi pilihan.

Beberapa atraksi dan kegiatan yang dapat Anda ditemukan di SeaWorld Ancol adalah pertunjukan lumba-lumba, penguin, dan hewan laut lainnya. Pengunjung juga dapat menjelajahi berbagai akuarium untuk melihat spesies-spesies ikan. Menarik kan? Kalian bisa berkunjung ke sini untuk merasakan pengalaman edukatif terkait pentingnya menjaga konservasi laut.
 

3. Atlantis Water Adventures Ancol


Atlantis Water Adventure recomennded banget buat kalian yang ingin bermain di wahana air yang ada di kawasan wisata Ancol. Area bermain ini menawarkan berbagai wahana air dan kolam renang untuk pengunjung yang mencari kegembiraan serta keseruan.

Beberapa wahana yang ada di Atlantis Water Adventure meliputi Elephant Pool, Dragon Race, Skybox, Asthatirta, Crazy Slide, dan masih banyak lagi area hiburan air lainnya. Tempat ini biasanya menyajikan suasana yang menyenangkan bagi pengunjung yang ingin bermain air dan bersantai. Mau liburan bareng sahabat atau mungkin gebetan? Atlantis bakal cocok banget!
 

4. Dunia Fantasi


Siapa sih yang tidak kenal dengan Dunia Fantasi atau Dufan? Rekomendasi wisata Ancol tersebut merupakan salah satu taman hiburan terbesar dan paling populer di Indonesia. Saat aku masih sekitar kelas 1-2 SD dulu, kedua orangtuaku mengajakku dan kakak laki-lakiku untuk mampir ke Dufan saat kami berlibur di Jakarta. Taman ini menawarkan berbagai macam wahana permainan, atraksi, dan pertunjukan yang dirancang untuk pengunjung segala usia.

Sejumlah wahana dan atraksi terkenal di Dunia Fantasi seperti Zig Zag, Paralayang, Rumah Misteri, Istana Boneka, hingga Hysteria. Dufan juga sering menghadirkan pertunjukan live, parade, dan atraksi khusus selama beberapa periode tertentu. Dunia Fantasi Ancol menjadi destinasi yang dikunjungi bersama keluarga, teman-teman, dan orang tercinta.
 

5. Ocean Dream Samudra


Berbeda dari destinasi wisata Ancol sebelumnya, Ocean Dream Samudra menawarkan atraksi yang menampilkan pertunjukan hewan laut yang menggemaskan. Pertunjukan tersebut memang dirancang untuk memberikan hiburan sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan hewan laut.

Selama menikmati pertunjukkan di Ocean Dream Samudera, kalian bisa menyaksikan aksi-aksi menarik dari lumba-lumba, anjing laut, burung laut, dan masih banyak lagi. Ada juga wahana lain seperti Istana Penguin, Mola-Mola, Karausel, Cinema 5D, Atraksi Singa Laut, hingga Boto-Boto. Mengajak keponakan atau adik yang masih kecil hingga buah hati? Aku rekomendasikan Ocean Dream Samudera untuk kamu.
 

6. Gondola Ancol


Selain sejumlah rekomendasi di atas, Gondola Ancol juga tidak kalah menyenangkannya untuk dicoba saat menikmati akhir pekan bersama kerabat. Wahana Gondola ini bisa Anda nikmati di Taman Impian Jaya Ancol yang menyajikan keindahan pantai luar biasa.

Mungkin tak banyak yang tahu kalau ternyata kereta gantung ini menjadi penghubung perjalanan dari Stasiun Pantai Festival ke Stasiun Teater Mobil. Sehingga dalam perjalanannya, kalian bakal melintasi Pantai Indah dan pada saat turun nanti, bakal langsung bisa menjelajahi wahana lainnya yang tersedia.

Nah dari keenam rekomendasi tempat liburan di Ancol tersebut, manakah yang akan bakal kalian datangi lebih dulu? Kurasa memang tak berlebihan kalau mengisi akhir pekan di Januari 2024 ini dengan berkunjung ke Ancol bersama orang tersayang. Atau mau disimpan dulu hingga bulan-bulan berikutnya? Tenang aja, masih menyenangkan kok! Jangan lupa siapkan perbekalan selengkap mungkin, ya!



Referensi:

https://www.ancol.com/blog/tempat-wisata-air-di-jakarta/
https://www.ancol.com/blog/tempat-wisata-keluarga-di-jakarta/
https://www.harianhaluan.com/lifestyle/107638811/5-tempat-liburan-di-ancol-seru-dan-cocok-untuk-referensi-wisata-akhir-pekan#google_vignette
https://www.insiden24.com/ragam/3969405467/4-tempat-wisata-seru-di-ancol-rekomendasi-untuk-liburan-akhir-pekan-keluarga

Author

Arai Amelya

I'm a driver, never passenger in life

  1. Oktober lalu pertama kali Aku ke Ancol dan aku suka duduk dekat lautnya sembari menikmati jajanan. Cuma mikir kalo kesana pake transportasi umum bisa gak ya ? karena masuk dalam kawasan dari pintu gerbang lumayan jauhnya hehehe

    BalasHapus
  2. ancol emang pilihan terdeket buat warga jakarta kalo mau healing ala-ala ke pantai dan rekreasi..
    dari semua rekomendasi ini aku udah pernah semua kecuali gondolanya sih, jujur kepo banget mau coba juga cuma tiap ke ancol ga pernah sempet wkwk

    BalasHapus
  3. Tahun 2022 lalu aku baru lagi nih ke dufan, ternyata makin banyak wahana menarik disana. Tapi berhubung acara kantor, jd belum puas coba semuanya. Kapan2 wajib kesana lagi buat puas2in semua wahana yg ada.

    BalasHapus
  4. Wisata paling populer juga nih, Happy banget klo udah ke ancol apalagi bawa anak² auto pada ga mau pulang sih 😁

    BalasHapus
  5. Hai kak aku boleh tahu ga harga tiket untuk seaworld nya kira kira berapa ya ? karena aku orang luar jakarta jadi belum terlalu paham terhadap price list disana 😃

    BalasHapus
  6. Kebetulan banget awal bulan depan TK anakku mau ke Ancol, tepatnya Ocean Dream. Bisa lihat atraksi anjing laut atau lumba-lumba yang bikin anak-anak senang.

    BalasHapus
  7. Dari semua rekomendasi tempatnya, aku belum pernah main ke Atlantis. Ke pantainya juga lupa-lupa inget pernah atau belum. hehe. Tapi yah liburan di ancol itu seru menurutku, karena ada banyak tempat yang bisa dikunjungi.

    BalasHapus
  8. Duh udah lama banget nggak ke Ancol. Zaman belum jadi emak-emak pernah ke pantai, dufan & gondolanya. Seru bangettt! Nanti mau ajak anak-anak ke sana ah.

    BalasHapus
  9. Harusnya awal bulan Februari ke Ancol, eh si bayi sakit. Jadinya sampau sekarang belum terlaksana liburan di Ancol. Padahal pengin banget nongkrong di Pantai Ancol. Belum pernah soalnya, baru ke Dufan sama Sea World.

    BalasHapus
  10. Akh nagih bangedd emang kalo ke ancol, apalagi kalo ke Dufan, Emak2 anak 3 belum bisa kesana lagi nich, nunggu pada gedean biar bs asik main lagi disana bareng2 😍

    BalasHapus
  11. ancol itu jadi salah satu list liburan aku, selain tempatnya dekat dengan rumah, harga nya murah dan anak² aku juga suka banget.

    BalasHapus
  12. menarik perhatian dengan mengundang pembaca untuk mengeksplorasi 6 rekomendasi tempat liburan akhir pekan di Ancol.

    BalasHapus
  13. Ke Ancol, gak akan cukup dalam sehari menurutku, kalau mau menikmati semua wahana. Gak puas. Kudu beberapa hari hihihihi. Ancol dari tahun ke tahun makin keren

    BalasHapus
  14. Semua tempat di Ancol udah pernah dijalani mbak. Memang paling seru di Dufan karena banyak permainan yg seru untuk dijelajahi.

    BalasHapus
  15. masih menjadi bucket list aku untuk bisa ke Ancol. DUlu banget zaman waktu SD cuma dapet baju bertuliskan ancol yang diberikan sama saudara ketika ia terlebih dahulu mengunjunginya huhu. Ternyata ancol sekarang semakin banyak yaa tempat-tempat barunyaa

    BalasHapus