https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Pilih Laptop atau Tablet? Pakai Aja ASUS ExpertBook B3000, Si Detachable Anti Galau!

Senin, 19 Desember 2022

ASUS ExpertBook B3000

Pernah nggak sih kalian ada di posisi ogah ribet karena berat bawa laptop dan ngerasa nggak nyaman nulis pakai tablet?

Tentu kalau kalian blogger yang suka jalan-jalan sepertiku, keputusan memilih antara laptop atau tablet bisa menjadi sesuatu yang begitu prinsipil. Apalagi kalau ada jadwal ngetrip yang harus bermanuver dari dataran tinggi ke dataran rendah, rasa-rasanya bawa laptop terlalu malas tapi kalau pake tablet bisa-bisa sulit untuk update konten.

Tapi eits, itu dulu.

Sekarang aku punya solusinya.

Sebuah perangkat anti galau yang begitu fleksibel. Mau jadi laptop, oke. Mau jadi tablet? Hajar. Yap, inilah ASUS ExpertBook B3000!

Kenalan Dulu dengan ASUS ExpertBook B3000

ASUS ExpertBook B3000

Kalau ngomongin ASUS, kayaknya emang sudah bukan hal baru lagi ya di heyarai ini. Maklum udah setahun lebih ini aku menjadikan ASUS sebagai travelmate andalan yang sudah menemaniku hingga pelosok Indonesia.

Tapi perangkat ASUS yang sejauh ini cukup familiar bagiku adalah laptop. Sehingga ketika ketika ASUS resmi memperkenalkan ExpertBook B3000 yang disebut-sebut detachable, aku langsung penasaran. Sesuai dengan namanya, detachable ini menjadikan ExpertBook B3000 sebagai perangkat yang bisa dilepas satu sama lain antara monitor dan bagian keyboard.

Jadi ketika kalian membawa bagian monitornya saja, ExpertBook B3000 bisa berfungsi normal lewat layar touchscreen selayaknya tablet. Namun untuk kebutuhan kepenulisan, keyboard bisa dipasangkan kembali ke bagian monitor secara mudah berkat engsel magnet, sehingga berfungsi seperti laptop.

Tapi ini ASUS gituloh, menyamakan ExpertBook B3000 seperti perangkat sejenis yang udah pernah dirilis jelas BIG NO NO.

Tak cuma indah dipandang, ExpertBook B3000 rupanya diperkuat dengan Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. Hal ini membuatnya sebagai laptop dengan pengalaman penggunaan selayaknya perangkat mobile berkat daya tahan baterai yang panjang, lengkap dengan fitur serta konektivitas. Intinya, kalian yang anak mobile banget dan harus sering bepergian kayak pejabat, bakal kebantu banget dengan ExpertBook B3000 yang emang udah modern, mengedepankan mobilitas pula.

Keberadaan Snapdragon 7C Gen 2 sebagai prosesor, membuat ExpertBook B3000 berbeda dengan laptop pada umumnya. Sekadar informasi, CPU besutan Qualcomm ini sudah memakai arsitektur RAM yang sudah sangat dikenal hemat daya dan awet digunakan seharian.

Untuk bagian GPU, Qualcomm membenamkan Adreno GPU 618 di bagian grafis yang akan mampu memberikan kinerja lebih efisien bagi kalian pelajar atau bahkan blogger sepertiku, dalam waktu yang lebih lama. Jangan meremehkan juga kendati mirip seperti tablet, ExpertBook B3000 sudah ditenagai sistem operasi Windows 11 yang memungkinkan si detachable ini menunjang produktivitas sehari-hari tanpa kendala berarti.

Mencicipi ASUS ExpertBook B3000 Bareng Blogger Kodew Malang

Melihat betapa ciamiknya ExpertBook B3000, mau tak mau aku sepakat dengan penjelasan Jimmy Lin selaku ASUS Regional Director Southeast Asia. Dalam press release yang aku terima, Jimmy menjelaskan kalau ASUS memahami betul bahwa masyarakat di era modern membutuhkan perangkat komputasi dengan mobilitas tinggi yang menjadikan ExpertBook B3000 sebagai jawaban.

"Tak hanya punya desain detachable yang fleksibel, ExpertBook B3000 juga punya tampilan yang ringkas dan ringan sekaligus daya tahan baterai panjang. Menjadikan laptop ini sebagai perangkat yang tepat bagi pengguna dengan mobilitas tinggi,"

Pertanyaannya, apakah ExpertBook B3000 seperti yang ditulis dalam penjelasan?

Beruntung pada hari Sabtu (17/12) siang kemarin, aku terpilih menjadi salah satu blogger yang berkesempatan mencoba ExpertBook B3000 secara langsung. Bersama puluhan rekan blogger dari komunitas BKM (Blogger Kodew Malang) kami mendapat undangan langsung dari tim ASUS. Bertempat di hotel Ascent Premiere Malang, kami mencoba langsung ExpertBook B3000.

keseruan acara gatherin ASUS ExpertBook B3000 di Malang
keseruan acara gathering ASUS ExpertBook B3000 di Malang

Hal pertama yang membuatku terperangah adalah bagaimana perangkat ini sangat ringkas dan ringan dengan bobot hanya 590 gram dan ketebalan 0,9 cm. Dengan bobot dimensi seperti demikian, ExpertBook B3000 sangatlah portable dan bisa dibawa ke mana-mana. Tentu ini sesuai dengan klaim ASUS bahwa keunggulan utama ExpertBook B3000 adalah para portabilitas dan fleksibilitas.

Dengan keyboard yang sudah disediakan dalam paket penjualan, aku bisa dengan mudah melepas dan memasangnya lewat bantuan sistem magnet. Meskipun mungil, keyboard dengan key travel 1,5mm ini sangat nyaman dibuat untuk menulis. Keberadaan ExpertStand Cover di bagian belakang, mampu melindungi bodi dan dudukan agar ExpertBook B3000 bisa berfungsi layaknya laptop.

Aku bahkan harus mengontrol diri untuk tidak lanjut menonton film karena ExpertStand Cover bisa berdiri secara vertikal dan horizontal. Terlalu memanjakan hati!

Sebagai tablet, ExpertBook B3000 juga sudah memakai layar sentuh yang begitu mudah dalam hal navigasi. Dilengkapi bagian stylus yang bisa disimpan di kompartemen khusus pada bagian bodi sekaligus otomatis mengisi daya, aku tak perlu repot lagi. Bisa kubayangkan kalau pengisian daya stylus yang sangat cepat yakni 15 detik untuk penggunaan 45 menit, menjadikan jam-jam menunggu boarding pesawat tak akan membosankan karena aku bisa menuangkan hobi menggambar ala kadarnya.

keseruan acara gathering ASUS ExpertBook B3000 di Malang
beruntung jadi juara Harapan 2 lomba Reel ASUS ExpertBook B3000 Gathering

ASUS ExpertBook B3000 Terlalu Mumpuni Bikin Jatuh Hati

Tadi dibilang ini adalah perangkat mobile, jadi seharusnya ASUS ExpertBook B3000 punya spesifikasi kamera yang oke, dong?

Kamu nanyea?

Kamu bertanyea-tanyea hal demikian kepada ASUS?

Tenang. Karena ExpertBook B3000 sudah dilengkapi dua kamera. Kamera pertama terletak sejajar pada layar seperti laptop pada umumnya dengan resolusi 5MP, serta kamera kedua di bagian belakang punya resolusi 13MP yang tentunya akan memudahkan pengguna memotret atau merekam video selayaknya smartphone.

Dengan kamera seperti itu, tentu kegiatan webinar yang semakin sering kuhadiri sejak pandemi Covid-19 bisa berlangsung begitu nyaman. Apalagi ASUS membenamkan aneka fitur modern seperti AI Noise Cancellation yang bisa meredam suara bising berbasis AI (Kecerdasan Buatan), sehingga komunikasi online bisa lebih nyaman.

Tak cuma itu saja, kamera ExpertBook B3000 juga sudah dirancang dengan 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Hasilnya, tampilan pengguna saat melakukan video conference jauh lebih jernih dan terang kendati dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Melengkapi kemampuan kameranya, ExpertBook B3000 juga sudah diperkuat dengan teknologi ASUS WiFi SmartConnect yang memungkinkan perangkat terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Ada juga konektivitas Bluetooth 5.1 kalau kalian ingin menghubungkannya dengan perangkat mouse atau headphone wireless.

Sungguh, terlalu sempurna!

ASUS ExpertBook B3000

Dengan target konsumen para pelajar dan pekerja mobile, ExpertBook B3000 yang memiliki layar sentuh 16:10 (1920x1200) ini sudah tersertifikasi low blue light oleh TUV Rheinland. Artinya, layar ExpertBook B3000 mempunyai emisi radiasi cahaya biru yang minim dan tidak merusak kesehatan mata, sekalipun dipakai dalam waktu lama.

Untuk urusan keyboard, ASUS juga sudah melindunginya dengan ASUS Antibacterial Guard yang merupakan pelindung berbahan khusus, sehingga mampu menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam. Sudah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196, perlindungi anti bakteri ini membuat bagian-bagian yang sering disentuh pengguna dapat tetap steril.

Gimana? Worth to buy banget, kan?

Bagi kalian yang membeli ASUS ExpertBook B3000 di distributor resmi, akan langsung mendapat garansi perbaikan setahun (untuk kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian pengguna). Kalian juga bisa menambah perlindungan lewat layanan ASUS Expert Warranty berupa tanggungan 80% biaya sparepart akibat kerusakan kelalaian pengguna sebanyak sekali di tahun pertama.

Jadi tunggu apalagi, yuk jadi pribadi yang makin produktif di 2023 dengan ASUS ExpertBook B3000!

spesifikasi ASUS ExpertBook B3000

Tentang ASUS

ASUS merupakan perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Dengan karyawan yang tersebar di seluruh dunia, termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D, ASUS memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya.

Sebagai bukti dari komitmen terhadap inovasi, desain dan kualitas, ASUS telah memenangkan 65.565 penghargaan dari organisasi teknologi terpandang dan media IT dari seluruh dunia sejak tahun 2001 lalu. Sebuah hal yang hanya bisa dicapai oleh perusahaan yang memiliki visi dan misi mendalam untuk terus mengejar inovasi terbaik. Dari semua penghargaan yang diterima, banyak di antaranya ditujukan untuk produk tablet dan smartphone ASUS, sebuah bukti nyata komitmen ASUS dalam hal inovasi, desain dan kualitas.


Author

Arai Amelya

I'm a driver, never passenger in life