5 Film Pendek Horor di Youtube Untuk Uji Nyali Sebelum Tidur

34 komentar

 film pendek horor di Youtube


Menulis artikel film pendek horor di Youtube pas akhir Oktober mau perayaan Halloween gini, membuat saya ingat waktu masih kerja di kantor media online

Dulu, kita sebagai penulis emang kudu banget nguber keyword jelang 31 Oktober dengan mengunggah konten-konten berbau horor dan hantu. Ya, boleh lah ya saya terapin di blog yang usianya masih 1,5 bulan ini (dilarang protes). Tapi sebelum saya ngasih daftar rekomendasi film-film pendek horor di Youtube versi saya, mungkin ada baiknya kita tahu sedikit soal sejarah Halloween.

Halloween yang Kini Tidak Ada Seram-Seramnya

Dari berbagai literatur, Halloween sering dikaitkan dengan tradisi masyarakat Celtic kuno yang sebetulnya dikenal dengan nama Festival Samhain (akhir musim panas). Ketika Samhain digelar, orang-orang memakai kostum mengusir hantu sambil menyalakan api unggun. Saat Samhain ini terjadi, masyarakat Celtic percaya kalau ini adalah waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan orang mati.

Mirip dengan kisah dalam COCO (2017)? Yap. Tapi kalau dalam COCO, nama tradisi yang diikuti oleh Miguel Rivera (Anthony Gonzalez) adalah Dia de Muertos alias Hari Peringatan Bagi Orang-Orang yang Telah Meninggal, yang diyakini masyarakat Meksiko.

Namun banyak juga yang meyakini bahwa Halloween atau Hallowe'en adalah kependekan dari kalimat All Hallows' Evening yang bermakna 'malam hari semua orang Kudus'. Kelompok-kelompok Kekristenan Barat meyakini bahwa pada 31 Oktober, merupakan Hari Raya Semua Orang Kudus yang menjadi awal dari peringatan tiga hari Masa Para Kudus. Dalam tahun Kristiani, peringatan ini bertujuan untuk mengenang mereka yang telah meninggal dunia termasuk orang-orang suci sekelas santo dan martir.

Tetapi dalam perkembangannya, Halloween kini justru menjadi sebuah tradisi yang hampir-hampir kehilangan sisi seram atau religius karena dimanfaatkan industri. Coba lihat kalau tidak ada pandemi Covid-19, pastinya banyak cafe atau hotel yang menggelar event semalam suntuk bertema Halloween. 

Baca artikel soal review lain:

Uji Keberanian Lewat Tontonan Film Pendek Horor di Youtube

Di tahun 2020 ini, 31 Oktober alias perayaan Halloween, jatuh pada hari Sabtu alias malam Minggu. Sungguh kebetulan yang menyenangkan.

Halloween di 2020 seolah mencibir manusia single seperti saya (ingat, bukan jomblo), bahwa malam Minggu sangat cocok dilewati bersama film horor. Saya sadar bahwa hidup saya tahun 2020 ini sudah cukup horor, sehingga menonton film pendek horor di Youtube sendirian tidak menakutkan lagi.

Apalagi industri film pendek buatan sineas Indonesia memang sedang naik banget beberapa bulan terakhir berkat TILIK (2018). Mengingat belum seluruh jaringan bioskop di Indonesia sudah beroperasi di masa pandemi Covid-19, menonton film pendek horor di Youtube tentu bisa jadi pilihan. Sudah gratis dan kualitasnya oke, berikut tujuh film yang saya rekomendasikan:

1. SANDEKALA (2015)

 

Yang bikin ngeri: Mitos jangan keluar saat Magrib

Pernah nggak waktu kamu masih kecil, ketika adzan Maghrib berkumandang ketika petang tiba, orangtua pasti berteriak dan memintamu pulang. Orangtua saya termasuk mendiang Kakek dan Nenek selalu begitu. Menurut mereka, masih berada di luar rumah waktu Maghrib tidaklah baik. Peralihan siang ke malam saat Maghrib dianggap sebagai waktu dimana makhluk tidak kasatmata keluar.

Mitos yang sudah diyakini secara turun temurun itulah yang diusung oleh sutradara Amriy Ramadhan dalam SANDEKALA. Kata Sandekala sendiri bisa bermakna senja kala atau saat petang tiba. Dalam film pendek berdurasi 10 menit ini, kamu akan mengikuti Ibu dan anak yang melintasi lorong-lorong di kampung saat senja. Jalanan yang sepi, rumah-rumah tertutup adalah kondisi yang normal terjadi di kawasan perkampungan saat petang tiba.

Menyadari masih di luar rumah di waktu yang tidak tepat, Ibu dan anak ini mulai mengalami kejadian-kejadian tak masuk akal. Seolah ada sosok yang mengejar mereka, SANDEKALA membangun kengerian tanpa banyak teriakan. Kamu bisa merasakan bulu kuduk merinding dengan dentuman musik, seolah-olah ada bersama si Ibu dan anak yang penuh ketakutan menuju rumah.

2. SINGSOT (2016)


Yang bikin ngeri: 
Bersiul saat malam bisa memanggil setan

Kalau kamu begitu menyukai TILIK, tentu akan suka dengan SINGSOT. Film ini disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo dan diproduseri Ravacana Films, orang-orang yang mengerjakan TILIK. Namun berbeda dengan TILIK, film pendek yang dibuat pada tahun 2016 ini mengusung tema horor.

Sama seperti SANDEKALASINGSOT juga diangkat dari salah satu mitos yang terkenal di masyarakat Jawa yakni jangan bersiul di malam hari karena bisa mengundang arwah penasaran. Kata singsot sendiri merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berarti bersiul. Lewat film berdurasi 14 menit ini, kamu akan diajak mengikuti kisah seorang anak laki-laki yang menginap di rumah kakek dan neneknya.

Si bocah penasaran ingin membuat burung peliharaan kakeknya berbunyi, sehingga dia terus bersiul. Namun sang nenek melarangnya bersiul karena sudah malam hari, dengan alasan bakal didatangi hantu. Bukannya mengikuti larangan si nenek, anak kecil ini terus-menerus bersiul kayak kamu yang selalu jatuh cinta with people we can't have dengan alasan tidak takut hantu.

Hingga akhirnya kakek dan nenek pergi syukuran ke rumah Ketua RT dan meninggalkan anak kecil ini di rumah sendirian. Di malam itu, dia mulai mengalami kejadian-kejadian supranatural hingga bertemu dengan sosok yang ternyata bukan manusia. Adegan-adegan jumpscare serta pilihan musik dalam SINGSOT cukup bikin merinding dan kaget, terutama saat dia melihat ke bawah ranjang. Eits, di penghujung film kamu juga bakal melihat sosok lain di dalam sangkar burung.

3. MAKMUM (2015)


Yang bikin ngeri: 
Dini hari adalah waktu arwah penasaran gentayangan

Kurang afdol rasanya dalam daftar film pendek horor di Youtube tanpa memasukkan MAKMUM. Film karya Riza Pahlevi ini memang sanggup bikin bulu kuduk saya merinding saat pertama kali nonton, di kantor. Padahal dulu nontonnya siang-siang di ruangan yang penuh orang. Tapi karena didengarkan dengan headphone pribadi, MAKMUM mampu membangun aura kengerian yang begitu pekat hingga terbayang berhari-hari.

Seperti judulnya, MAKMUM memang menyorot kegiatan ibadah umat Muslim, shalat. Dikisahkan dalam sepanjang sembilan menit ini, seorang pelajar putri bernama Nurul, berniat untuk shalat Tahajud di sepertiga malam, tepatnya pukul 02.20. Atmosfer ngeri mulai terbangun saat remaja putri itu sadar jika dia tengah sendirian di asrama.

Gangguan supranatural mulai terasa saat gagang pintu di belakang dirinya sholat mendadak terbuka. Lalu ketika dia mengucapkan lafaz Takbir dan berbagai gerakan sholat, serasa ada sosok yang mengikuti di belakangnya sebagai makmum, padahal dirinya sendirian di gedung tersebut. Meskipun cukup mengundang kontroversi, MAKMUM bahkan diangkat ke versi layar lebar pada tahun 2019, yang menurut saya gagal menyuguhkan kengerian seperti film pendeknya.

4. GRAVE TORTURE (2012)

Yang bikin ngeri: Siksaan dalam kubur itu nyata

Sutradara spesialis film horor berkualitas tentu sangat cocok disematkan ke bang Jokan alias Joko Anwar. Lima tahun sebelum membuat PENGABDI SETAN (2017) yang berstatus sebagai film horor dengan jumlah penonton terbanyak sepanjang sejarah di Indonesia, Jokan rupanya sudah membuat film pendek horor yang bisa kamu nikmati di Youtube, GRAVE TORTURE alias siksaan kubur.

Seperti judulnya, film horor ini mengisahkan apa yang terjadi ketika mayat sudah dikuburkan. Kita akan mengikuti apa yang dialami seorang bocah laki-laki di dalam peti mati, dan menyaksikan penghakiman yang dialami sang Ayah. Karena sang Ayah adalah seorang pembunuh berantai, dia pun mengalami siksaan yang cukup bikin ngilu dan sudah pasti sangat menakutkan.

Jokan tidak pernah gagal dalam membangun atmosfer horor, karena GRAVE TORTURE membuat saya langsung ingat untuk rajin sholat. Teror dari makhluk tak kasatmata mampu membuat siapapun mengalami klaustrofobia akut. 

Baca artikel soal review lain:

5. LANTAI 4 (2017)


Yang bikin ngeri: 
Mitos lantai empat pembawa sial

Kalau orang-orang mancanegara biasanya percaya bahwa lantai 13 itu pembawa sial. Tapi dalam kepercayaan Tionghoa, angka empat diyakini sebagai kematian. Sehingga biasanya beberapa gedung perkantoran atau pusat perbelanjaan, mengganti lantai empat dengan Four (F). Mitos itulah yang diangkat oleh film pendek besutan Ignatius Ivan ini. 

Dalam film berdurasi hampir enam menit, kamu akan diajak melihat kehidupan karyawan kantor yang sering lembur hingga malam. Perkantoran di kota-kota besar biasanya bertempat di gedung bertingkat dan itulah yang dialami si karyawan. Kesan horor dan tak masuk akal mulai muncul saat lift yang membawanya turun selalu berhenti di lantai empat, tapi tidak ada orang yang masuk.

Cukup aneh, kan? Karena lift biasanya terbuka dan berhenti di sebuah lantai jika ada orang di lantai tersebut memencet tombolnya. Hingga akhirnya karena berulang kali, si karyawan penasaran dan menelusuri lantai empat yang sangat gelap itu. Rasa penasarannya terbayar cukup mahal, karena dia menemukan sosok lain penghuni lantai yang begitu menakutkan.

Gimana? Sebetulnya sih masih ada banyak sekali film-film pendek horor di Youtube karya sineas Indonesia yang juga mengerikan. Namun menurut saya, lima di atas sangat recommended dan layak kamu tonton sendirian entah pas Halloween, atau sekadar uji nyali saat terbangun sendirian pas dini hari. Ingat, jangan lupa untuk matikan lampu dan dengerin suaranya lewat earphone yang volume maksimal ya!

Arai Amelya
I'm a driver, never passenger in life

Related Posts

34 komentar

  1. Aku yang udah pernah liat cuplikannya yang horor nih ka arai. Aku sendiri soalnya ga berani liat film horor. Jd liat cuplikannya aja aku tu udah jiper duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah kak Iff, sama banget. Akutu juga anaknya penakut banget tapi kepo. Lima di atas rekomendasiku ini emang serem banget sih, jangan nonton sendirian

      Hapus
    2. Berarti sebelum nonton nyari temen dulu ya ini ka arai. Aku juga aslinya kepo tapi kalo soal hororia bin serem aku mending gak kepo 😁

      Hapus
  2. Aku udah nonton yg Singsot, ceritanya sangaaaat sederhana, tapi rasanya aku pengen "nempeleng" itu anak deh,, habis "ndablek" sih, wkwk..

    kalo yg lain, boleh masuk list tonton nanti deh. beneran ini, aku baca poin seremnya aja udah merinding, gimana lagi kalo udah nonton, huwaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, ceritanya sederhana tapi sangat berhasil membangun atmosfer horor. Aku yang SINGSOT itu juga kesel banget, mana ngegas sama neneknya, hadeh...

      Semangat ditonton kak, awas, kamu nggak sendiri

      Hapus
    2. Hey, Arai!

      Aku balik kesini lagi, karena aku udah nonton semua list short horor movie disini, beneran bikin tutup mata tapi ngintip-ngintip lho, untung nontonnya sama suamik, hihi..

      Hapus
  3. Aku baca nih review film ya tp belum berani ngeklik filmnnya, malam malam nih. Besok tak coba kulik. Penasaran sih, cuma kalo film indo nih terlalu serem sih.

    Ngomongin helloween, makasih ya Kak arai udah kasih sejarahnya. Menarik nih, emang org luar jg percaya sama hal mistik ya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, curang kak Ghin baru nonton pas ada matahari, gajadi uji nyali. Tapi setuju, memang film Indo horor itu ngeri banget.

      Kayaknya semua orang itu percaya hal mistis cuma jaim aja kali ya mkwkww. Kita mah Halloween gada beda sama hari2 biasa

      Hapus
  4. Wah, aku nggak berani nontonnya haha. Tapi sungguh menantang ya dengan durasi pendek bisa menghadirkan ketakutan buat penontonnya, atau justru karena singkat itu makanya jadi lebih mudah sebab nggak perlu menjelaskan terlalu banyak? (Terbukti dari Makmum versi layar lebarnya yang malah gagal)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, film pendek memang dibuat serapat dan sejelas mungkin. Tidak bertele2 jadi sutradaranya fokus, hebat banget ya kk kita cuma nonton beberapa menit bisa terngiang mkwkw.

      Asli, MAKMUM versi layar lebar bikin kecewa. Selain jadi makin lebar, mungkin kengeriannya udah duluan kita tahu di versi pendeknya

      Hapus
  5. Dari semua review di atas, aku cuma lihat coco aja. Anak-anak sampe apal lagunya. Aku tuh kalo malem bobo sendiri, jadi bisa kebayang kan kalo lihat film horor gini. Tapi no.4 bikin penasaran, apalagi besukan sutradara kondang Jokan. Berapa menit tuh kita disiksa sama filmnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk curang, ayo uji keberanian nonton pas siang. GRAVE TORTURE seingetku langsung 2 menit awal udah adegan di dalem peti mati yang dikubur. Trauma aku nontonnya.

      Wah jadi kangen COCO akunya. Inget pas Hector nyanyiin Remember Me ke Coco, nangis. Itu film juga nyiksa, nyiksa sedihnya.

      Hapus
  6. Wih mantep banyak film pendek horor ya ternyata di YouTube. Dulu tuh suka banget nonton horor las masih lajang, sampai sewa CD gitu (zaman dulu ada penyewaan VCD). Sekarang malah takut nonton huhu. Tapi baca komik thriller suka sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lhah kak Tri dari penyuka tantangan sekarang cari aman mkwkw. Kalau aku dri dulu emang takut tapi kepoan. Mkwwk penyewaan CD pas SD kali ya, sekarang udah jadi streaming di platform legal.

      Hapus
  7. huaaaa langsung merinding padahal belum nonton filmnya. Beneran nonton film horor jadinya terbayang-berhari-hari. hiks.

    BalasHapus
  8. Belum pernah nonton semua nih padahal aq jg suka nonton horor, noted yah buat list nonton nanti

    BalasHapus
  9. Terakhir nonton horor tuh danur yg kedua kayanya itupun di tv dan sambil pindahin kalo iklan hahaha. Judul2 di atas bikin penasaran pengen nonton horror lagi wkwkwk

    BalasHapus
  10. Singsot itu aku sampe teriak2 wkwkwk nonton bareng Isya sampe orang bawah pada kagett, ada apaan. serius serem sih kalo singsot ini menurutkuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwkkwkwk., kasihan Isya. Sejak dini diajarkan ketakutan. Tapi emang Singsot itu ditonton siang-siang juga ngeri. Apalagi pas nengok ke bawah ranjang, atau lihat neneknya, huhuhu, traumatis sampe ending

      Hapus
  11. Aku ngilu bgt baca semua review-nya satu2...sudah kuputuskan akan tidak menonton film2 di atas Krn udh ngeri duluan hihii...kabuur

    BalasHapus
  12. Aduuuuh itu film MAKMUM amboiiiii bikin saya gak bisa tidur semalaman. Abis baca artikel ini saya gak tertarik sama sekali mbaaa buat klik lainnya. Udah kapok saya. Hihihi.

    BalasHapus
  13. waaah aku gak suka film horor hantu, apalagi ini aku BW malem-malem, iiihhh serem, hahahaha. kalo nonton film hantu harus ada temennya biar gak keueung, hihihi

    BalasHapus
  14. ooo jadi angka 4 itu dianggap angka kematian ya, pantes aja ada beberapa hotel yang saya inapi nggak punya lantai 4. Dari 3 langsung 5.

    Saya belum pernah lihat satupun dari judul-judul yang mbak rekomendasikan di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau sebagian etnis Tionghoa percaya kalau empat angka sial. Makanya biasanya diganti alfabet F, hehe

      Hapus
    2. Begitu juga lantai 13 ya? Sering nggak ada kamar nomor 13 atau lantai 13. Dari 11 langsung ke 14

      Hapus
    3. Iyap bener kk, kalau yang angka 13 ini sering diyakini masyarakat Barat sih awalnya cuma sekarang kebawa juga di Indonesia

      Hapus
  15. iya ngeri nih. baru mau nonton yang sngsot. hehe.. ngeri juga

    BalasHapus
  16. ... dan kenapa aku membaca ulasan ini pada pukul 1 dini hari? Hadeeeh.. Tolong!
    Langsung merinding. Tolong.

    BalasHapus
  17. Sumpah kak...aku juga paling suka dengan film2 horor. Cuma klo yg haloween2an aku gk tertarik. Tetap film2 horor lokal yg menantang dan kadang memang ngeri. Sudah sy baca tulisan kk di atas. Thanks.

    BalasHapus
  18. omg saya baca ini pas tengah malam, di ruang tv pula sendirian.

    Penasaran tadinya, sampai lupa nengok ini jam berapa.
    Saya sendiri pernah nonton Sandikala itu, aduhhh walau nggak banyak percakapannya tapi film pendek ini keren karena bisa bikin merinding dengan musik plus tegang di mendekati akhir film.

    BalasHapus
  19. Sebenarnya jangan keluar waktu maghrib itu bukan mitos tapi sunnah nabi, “Jangan lepaskan hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal isya karena para setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya awal isya.” (HR. Muslim no. 2013).

    Jadi waktu2 itu emang bisa aja setan mengganggu manusia, meski sebenarnya gangguan mereka tidak seperti kebanyakan yg digambarkan di film2.. hehe

    BalasHapus
  20. Wihh menarik. Horor indo biasanya serem2 apa lagi klo yg dikait2kann sama agama dan budaya.

    Masukin list dulu. Makasih mbakkk

    BalasHapus
  21. Aduhk, baca review singkat ini bikin penaaran tapi bikin ketakutan. Belum nonton filmnya langsung. Jangan-jangan aq bisa teriak-teriak.

    BalasHapus
  22. Padahal ini review singkat ya, tapi membayangkannya ngeri juga. Aku beraninya nonton beramai-ramai dan bukan hantu lokal, kalau yg lokal beginian suka baper kebayang terus.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email